Dipublikasi pada 11 Desember 2020

MSG (Monosodium Glutamate): Baik atau buruk?

Ada banyak kontroversi seputar MSG di komunitas kesehatan alami. Ini diklaim menyebabkan asma, sakit kepala, bahkan kerusakan otak. Di sisi lain, sebagian besar sumber resmi seperti FDA menyatakan bahwa MSG aman.

Apa itu MSG?

Artikel ini membahas MSG dan efek kesehatannya, mengeksplorasi kedua sisi argumen tersebut. MSG adalah kependekan dari monosodium glutamat. Ini adalah aditif makanan yang umum - dengan e-number E621 - yang digunakan untuk meningkatkan rasa. MSG berasal dari asam amino glutamat, atau asam glutamat, yang merupakan salah satu asam amino paling melimpah di alam. Asam glutamat adalah asam amino non-esensial, artinya tubuh Anda dapat memproduksinya. Ini melayani berbagai fungsi dalam tubuh Anda dan ditemukan di hampir semua makanan. Secara kimiawi, MSG adalah bubuk kristal berwarna putih yang menyerupai garam meja atau gula. Ini menggabungkan natrium dan asam glutamat, yang dikenal sebagai garam natrium. Asam glutamat dalam MSG dibuat dengan cara memfermentasi pati, tetapi tidak ada perbedaan kimiawi antara asam glutamat dalam MSG dan asam glutamat dalam makanan alami. Namun, asam glutamat dalam MSG mungkin lebih mudah diserap karena tidak terikat di dalam molekul protein besar yang perlu dipecah oleh tubuh Anda. MSG meningkatkan rasa makanan yang gurih dan gurih. Umami adalah rasa dasar kelima, bersama dengan asin, asam, pahit dan manis (2). Aditif ini populer dalam masakan Asia dan digunakan dalam berbagai makanan olahan di Barat. Asupan harian rata-rata MSG adalah 0,55-0,58 gram di AS dan Inggris dan 1,2–1,7 gram di Jepang dan Korea (3).

Mengapa orang mengira itu berbahaya?

Asam glutamat berfungsi sebagai neurotransmitter di otak Anda. Ini adalah neurotransmitter rangsang, yang berarti merangsang sel-sel saraf untuk menyampaikan sinyalnya. Beberapa orang mengklaim bahwa MSG menyebabkan glutamat berlebihan di otak dan stimulasi sel saraf yang berlebihan. Karena alasan ini, MSG diberi label eksitotoksin.

Rasa takut pada MSG dimulai sejak tahun 1969, ketika sebuah penelitian menemukan bahwa menyuntikkan MSG dalam dosis besar ke tikus yang baru lahir menyebabkan efek neurologis yang berbahaya. Sejak itu, buku-buku seperti “Excitotoxins: The Taste That Kills” karya Russell Blaylock telah membuat rasa takut akan MSG tetap hidup. Benar bahwa peningkatan aktivitas glutamat di otak Anda dapat menyebabkan kerusakan - dan MSG dalam dosis besar dapat meningkatkan kadar glutamat dalam darah. Dalam sebuah penelitian, dosis tinggi MSG meningkatkan kadar darah hingga 556%. Namun, diet glutamat seharusnya hanya memiliki sedikit pengaruh atau tidak sama sekali pada otak Anda, karena tidak dapat melewati sawar darah-otak dalam jumlah besar. Secara keseluruhan, tidak ada bukti kuat bahwa MSG bertindak sebagai eksitotoksin bila dikonsumsi dalam jumlah normal.

Beberapa orang mungkin sensitif

Beberapa orang mungkin mengalami efek samping akibat mengonsumsi MSG. Kondisi ini disebut sindrom restoran Cina atau kompleks gejala MSG. Dalam satu penelitian, orang dengan sensitivitas MSG yang dilaporkan sendiri mengonsumsi 5 gram MSG atau plasebo - 36,1% melaporkan reaksi dengan MSG dibandingkan dengan 24,6% dengan plasebo (7). Gejala termasuk sakit kepala, otot sesak, mati rasa, kesemutan, kelemahan dan kemerahan. Dosis ambang batas yang menyebabkan gejala tampaknya sekitar 3 gram per makan. Namun, perlu diingat bahwa 3 gram adalah dosis yang sangat tinggi - sekitar enam kali lipat dari asupan harian rata-rata di AS. Tidak jelas mengapa hal ini terjadi, tetapi beberapa peneliti berspekulasi bahwa dosis MSG yang begitu besar memungkinkan asam glutamat dalam jumlah kecil melewati sawar darah-otak dan berinteraksi dengan neuron, yang menyebabkan pembengkakan dan cedera otak. Beberapa orang menyatakan bahwa MSG juga menyebabkan serangan asma pada individu yang rentan. Dalam satu penelitian 32 orang, 40% peserta mengalami serangan asma dengan MSG dosis besar. Namun, penelitian serupa lainnya tidak menemukan hubungan antara asupan MSG dan asma.

Berdampak pada rasa dan asupan kalori

Makanan tertentu lebih mengenyangkan dari yang lain. Makan makanan yang mengenyangkan harus mengurangi asupan kalori Anda, yang dapat membantu menurunkan berat badan. Beberapa bukti menunjukkan bahwa MSG dapat membantu Anda merasa kenyang. Studi mencatat bahwa orang yang mengonsumsi sup dengan rasa MSG makan lebih sedikit kalori pada makanan berikutnya. Rasa umami MSG dapat merangsang reseptor yang ditemukan di lidah dan saluran pencernaan Anda, memicu pelepasan hormon pengatur nafsu makan. Konon, penelitian lain menunjukkan bahwa MSG meningkatkan - bukannya menurunkan - asupan kalori. Oleh karena itu, sebaiknya tidak mengandalkan MSG untuk membantu Anda merasa kenyang.

Berdampak pada obesitas dan gangguan metabolisme

Beberapa orang mengasosiasikan MSG dengan penambahan berat badan. Dalam penelitian pada hewan, menyuntikkan MSG dosis tinggi ke dalam otak tikus menyebabkan mereka menjadi gemuk. Namun, ini memiliki sedikit - jika ada - relevansi dengan asupan makanan MSG pada manusia. Konon, beberapa penelitian pada manusia menghubungkan konsumsi MSG dengan penambahan berat badan dan obesitas. Di Cina, peningkatan asupan MSG dikaitkan dengan penambahan berat badan - dengan asupan rata-rata berkisar antara 0,33–2,2 gram per hari. Namun, pada orang dewasa Vietnam, asupan rata-rata 2,2 gram per hari tidak dikaitkan dengan kelebihan berat badan. Studi lain mengaitkan peningkatan asupan MSG dengan penambahan berat badan dan sindrom metabolik di Thailand - tetapi telah dikritik karena kekurangan metodologis. Dalam uji coba terkontrol pada manusia, MSG meningkatkan tekanan darah dan meningkatkan frekuensi sakit kepala dan mual. Namun, penelitian ini menggunakan dosis tinggi yang tidak realistis. Lebih banyak penelitian manusia diperlukan sebelum klaim lengkap dapat dibuat tentang kaitan MSG dengan obesitas atau gangguan metabolisme.

 

Sumber : https://www.healthline.com/nutrition/msg-good-or-bad